Senin, 25 April 2011

Analisi Jaringan Wireless LAN.

PEDOMAN ANALISIS JARINGA WIRELESS LAN (Local Area Network

BAB I
PENDAHULUAN
1.1     Latar Belakang
Penggunaan Internet (interconnection-network) diera globalisasi saat ini berkembang dengan sangat pesat, dapat dilihat bahwa hampir seluruh negara dibelahan  dunia ini telah terkoneksi Internet. Dahulu untuk melakukan koneksi ke Internet  kebanyakan orang menggunakan kabel, tetapi sekarang ini untuk koneksi ke Internet sudah bisa menggunakan jaringan tanpa kabel (wireless).
Dibandingkan dengan menggunakan media kabel (wired), jaringan tanpa kabel banyak sekali keuntungan diantaranya orang bisa melakukan koneksi Internet kapan saja dan dimana saja selama masih berada dalam ruang lingkup jaringan tersebut.Tempat yang memiliki layanan Internet dengan menggunakan teknologi wireless LAN (Local Area Network), salah satunya  pada  SMA Muhammadiyah 1  Palembang. Jaringan tanpa kabel (wired) pada suatu instansi, sungguh sangat memberikan banyak kemudahan bagi para gurunya dalam beraktivitas.
Dengan memanfaatkan jaringan tanpa kabel, sharing data yang pada masa lalu sangat merepotkan dan memakan banyak  waktu, sekarang semuanya menjadi lebih cepat dan tepat. Sehingga kinerja para guru-guru SMA Muhammadiyah 1 Palembang  pun semakin meningkat dan maksimal.
SMA Muhammadiyah 1 Palembang adalah salah satu sekolahan yang menggunakan jaringan Internet untuk memudahkan proses pengolahan dan pertukaran data antar komputer  disetiap ruang kerja guru  yang terhubung dengan jaringan Internet tersebut. Dimana setiap komputer yang terhubung dengan jaringan Internet  tersebut lebih dominan menggunakan jalur media transmisi  AP (Access Point).
Adapun kegunaan mendasar dari jaringan Internet di SMA Muhammadiyah 1 Palembnag  adalah  untuk membantu meningkatkan kinerja para guru  pada saat beraktivitas.
Jaringan internet pada SMA Muhammadiyah 1 Palembang di awali LAN (Local Area Network) kemudian disalurkan kembali kepada gedung lain dengan menggunakan Access Point sebagai media penyebar gelombang wireless yang berfungsi sebagai  jalur untuk mengakses internet.
 Berdasarkan pengalaman penulis ketika magang pada SMA Muhammadiyah 1 Palembang, jaringan Internet di sana sering terputus/terganggu. Walaupun hal itu tidak banyak menggangu sistem kerja guru pada saat bertukar  informasi pada komputer satu dengan dengan komputer yang lainnya, tetapi terputusnya jaringan Internet itu dapat mengakibatkan akses data menjadi terhambat.
Dari uraian latar belakang di atas, penulis tertarik untuk membuat penelitian tugas akhir ini dengan judul “ Analisis Jaringan  wireless  LAN (Local Area Network) Pada SMA Muhammadiyah 1 Palembang.
1.2     Perumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang di atas, maka perumusan masalah dalam tugas akhir ini adalah“ Bagaimana Analisis Jaringan Wireless LAN (Local Area Network) Pada SMA Muhammadiyah 1 Palembang“.

1.3     Pembatasan Masalah
Agar pembahasan lebih terarah dan tidak menyimpang dari permasalahan yang ada, analisa yang dibuat lebih terfokus sehingga mencapai kesimpulan yang tepat, maka penulis memberikan batasan-batasan masalah yang diambil dalam tugas akhir ini adalah pemilihan disain jaringan, perangkat keras jaringan, dan koneksi jaringan wireless.
1.4     Tujuan dan Manfaat Penelitian
 1.4.1 Tujuan Penelitian
Adapun tujuan yang akan di capai dari penulisan tugas akhir ini adalah:
1.     Memberikan informasi kepada para guru tentang jaringan Internet berbasis Wireless LAN.
2.    Mengetahui kerusakan yang menyebabkan jaringan internet sering terganggu/terputus, kerusakan lainnya.
3.    Mendapatkan wawasan atau ilmu, khususnya tentang analisis jaringan Internet  Wireless LAN.
1.4.2        Manfaat penelitian
a.    Bagi Peneliti :
1.      Para guru di SMA Muhammadiyah 1 Pelmbang menjadi lebih mudah dalam mengakses Internet  Wireless LAN.
2.        Peneliti lebih terampil dalam menganalisa jaringan Internet  Wireless LAN.


b.    Bagi Sekolahan :
1.    Dapat mengantisipasi adanya kerusakan pada jaringan Internet sering terganggu atau terputus.
2.    Dapat lebih mudah megawasi siswa-siswi yang sedang belajar di lab komputer, mengunakan  program  netoup atau  Remote Cocntrol Client.
1.5  Metode Penelitian
1.5.1 Metode Pengumpulan Data
Dalam penulisan tugas akhir ini metode penelitian yang penulis gunakan adalah sebagai berikut :
a.    Observasi (pengamatan)
Dengan melakukan pengamatan terhadap kinerja jaringan internet  wireless LAN (Local Area Network) di SMA Muhammadiyah 1 Palembang.
b.    Diskusi dan Wawancara
Melakukan diskusi dan wawancara langsung dengan karyawan/guru SMA Muhammadiyah 1 Palembang  mengenai hal-hal yang berhubungan dengan objek yang ditinjau.
c.    Studi Pustaka
Melakukan studi pustaka di perpustakaan Bina Darma untuk melengkapi dan  mendukung secara teori informasi yang diperoleh.
1.5.2 Metode Penelitian Tindakan/Action Research
Dalam rangka penyelesaian peneliti ini maka digunakan metode penelitian tindakan (Action Research) yang dikemukakan oleh Nazir (2003:79-83) bahwa metode penelitian tindakan adalah suatu penelitian yang dikembangkan bersama-sama antar peneliti dan dicision maker (pengambilan keputusan) tentang variable-variabel yang dapat dimanipulasikan dan dapat segera digunakan untuk menentukan kebijakan pembangunan.
Peneliti tindakan mengadakan rangka kerja penelitian emprise yang didasarkan pada observasi objektif pada masa sekarang untuk memecahkan masalah-masalah baru, serta praktis dan actual dalam kegiatan kerja. Karena itu, peneltian tindakan mempunyai sifat lebih fleksibel dan dapat mengorbankan kepentingan control demi adanya inovasi dan kerja dengan on the spot experimentation. Validitas internal dan eksternal dari penelitian tindakan secara relative lemah, karena sample kurang representatif masih dibenarkan, demikian juga kontrol terhadap variable bebas tidak terlalu di tekankan. Langkah-langkah pokok dalam penelitian tindakan (Action Research) :
1.    Definisikan masalah dan tetapkan tujuan.
2.    Himpun data yang berhubungan dengan masalah atau lakukan studi pustaka.
3.    Rumuskan hipotesis atau strategi pendekatan yang spesifik.
4.    Susun rancangan penelitian dan jelaskan prosedur-prosedur serta kondisinya.
5.    Tentukan criteria evaluasi dan teknik pengukuran serta teknik-teknik analisis yang digunakan.
6.    Kumpulkan data, analisa dan beri saran.
7.    Laporkan peneliti dengan penulisan ilmiah
1.6    Sistematika Penulisan
Untuk mempermudah penulisan dan supaya dapat lebih terarah, penulis membagi sistematika penulisan laporan dengan urutan sebagai berikut :

BAB I             PENDAHULUAN
Dalam bab ini mengemukakan secara garis besar mengenai “Latar belakang pemilihan judul, Permasalahan dan pembatasan masalah, Tujuan dan manfaat serta sistematika penulisan”.
BAB II            TINJAUAN PUSTAKA
Dalam bab ini menjelaskan tentang teori–teori atau konsep yang berhubungan dengan judul Tugas Akhir.
BAB III          OBJEK PENELITIAN
Dalam bab ini dijelaskan sejarah dan gambaran umum sekolah, struktur organisasi, visi dan misi didirikannya SMA Muhammadiyah 1 Palembang.
BAB 1V          PEMBAHASAN
Bab ini menguraikan tentang hasil penelitian yang dilakukan penulis dan pembahasan bagaimana penulis melakukan  penelitian sehingga mencapai hasil yang diinginkan .
BAB IV           KESIMPULAN DAN SARAN
Merupakan bab penutup dalam penulisan laporan Kerja Praktek yang berisi kesimpulan terhadap isi laporan Kerja Praktek dan saran-saran yang bersifat membangun.
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar